Kesalahan Orang Lain yang Allah Tampakkan Kepadamu Adalah Peringatan Agar Kamu Tidak Berbuat Demikian

Kesalahan Orang Lain yang Allah Tampakkan Kepadamu Adalah Peringatan Agar Kamu Tidak Berbuat Demikian

Sering kita tidak bijaksana ketika orang lain berbuat kesalahan, sering kita merasa telah lebih baik dari orang lain, sehingga saat orang lain melakukan kesalahan maka kita tanpa sadar men-judge dan mencacinya dengan mudah.
Padahal bila saat ini kita benar dan orang lain salah, bukan berarti selamanya kita akan terbebas dari kesalahan. Dan bisa jadi kesalahan orang lain yang Allah tampakkan kepada kita saat ini hanyalah peringatan agar kita tidak berbuat demikian.

Bijaklah Bila Kamu Mendapati Orang Lain Berbuat Kesalahan, Jangan Mencaci Ataupun Membenci

Puasa Sunnah Istri via youtube
Maka bijaklah bila kamu mendapati orang lian berbuat kesalahan, jangan sampai kamu mencacinya dengan sangat, apalagi sampai membencinya. Karena yang harus kamu benci adalah kesalahan, dan yang harus kamu jauhi adalah kesalahannya, bukan orangnya.

Allah Memberimu Kesempatan Untuk Melihat, Bukan Lantas Kamu Sudah Lebih Baik Darinya, Hanya Saja Allah Ingin Kamu Tak Melakukan Kesalahan Yang Sama


Cinta Fisabilillah#10 via youtube
Dan bila Allah memberimu kesempatan untuk melihat kesalahan orang lain, bukan lantas kamu sudah lebih baik darinya sepenuh yang kamu kira, hanya saja saat itu kadang Allah ingin kamu tidak melakukan kesalahan yang demikian.

Lekaslah Jaga Hati Dengan Penuh Kerendahan Hati, Jangan Biarkan Ia Menyimpan Perasaan Telah Lebih Baik

Berkata Seandainya via youtube
Jadi lekaslah jaga hatimu dengan penuh kerendahan hati, agar kamu tidak ada kesempatan untuk sibuk menvonis kesalahan yang diperbuat orang lain, jangan biarkan hatimu menyimpan perasaan telah lebih baik.
Karena jika tidak, maka kamu akan lalai untuk terus bijak menjaga diri, dan selamanya akan membiasakan diri menilik kesalahan orang lain, lalu men-judgenya dengan kejam.

Pandanglah Kesalahan Yang Diperbuat Orang Lain Sebagai Pelajaran, Agar Sampai Kapanpun Kamu Selalu Bijak Menjaga Dirimu Dengan Kebaikan

Berkata Seandainya via youtube
Pandanglah kesalahan yang diperbuat orang lain sebagai pelajaran, agar sampai kapanpun dan dimanapun kamu berada selalu bijak menjaga dirimu dengan kebaikan. Tetaplah jaga niatmu dengan benar, agar setiap saatnya hatimu selalu merujuk pada-Nya.

Jadilah Orang Yang Bijak, Jangan Bangga Karena Diri Telah Lebih Baik Dari Orang Lain. Tapi Tetaplah Rendah Hati Agar Tak Mudah Jenuh Perbaiki Diri

Berkata Seandainya via youtube
Jadilah orang yang bijak, jangan bangga karena diri telah lebih baik dari orang lain. Tetapi tetaplah rendah hati agar tak mudah jenuh untuk selalu perbaiki diri dengan benar.
Dan apakah orang yang bijak itu terhindar dari kesalahan? Tidak, karena tak ada satu orangpun didunia ini yang luput dari kesalahan, tetapi orang yang bijak akan lekas memperbaiki bila dia melakukan kesalahan.
Serta, orang yang bijak juga tidak akan pernah sembarangan men-judge orang lain salah, sekalipun dia tahu bahwa dirinya memanglah lebih benar.
Sumber Artikel: humairoh.com
Arrow
BACA ARTIKEL LAINYA

Halaman
1 2 3

Halaman
1 2 3