HIV Belum Ada Apa-apanya, Ini 10 Virus Paling Mematikan di Dunia

HIV Belum Ada Apa-apanya, Ini 10 Virus Paling Mematikan di Dunia

Mendengar kata virus, pasti kita langsung menyebut nama-nama virus mematikan di dunia yang populer saat ini seperti virus HIV atau virus Zika yang akhir-akhir ini mendunia.
Namun, ternyata masih ada yang lebih berbahaya seperti 10 virus paling mematikan di dunia ini. Virus sendiri ialah parasit berukuran mikroksopik yang menginfeksi sel organisme biologis.
Virus hanya bisa bereproduksi di dalam material hidup. Oleh karena itu, ia menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup untuk berkembang biak.
Ada banyak virus di dunia ini. Dari yang biasa sampai yang mematikan. Virus apa saja yang paling mematikan itu? Berikut daftar 10 virus paling mematikan di dunia.
10. Virus Demam BerdarahDemam berdarah adalah penyakit yang selalu masuk 10 penyakit berbahaya di dunia, terutama di daerah tropis.
Ditularkan oleh nyamuk, demam berdarah bisa terjadi pada 50 sampai 100 juta orang dalam setahun. Bahkan ada dua miliar orang yang tinggal di negara tropis terancam demam berdarah.
9. Kyasanur Forest Virus (KFD)Virus KFD adalah virus yang ditemukan di hutan pantai barat daya India pada tahun 1955. Virus ini ditularkan oleh kutu dan menurut para ilmuwan, mereka sulit menemukan siapa yang menyebarkannya.
Tapi mereka mengasumsikan hewan-hewan seperti tikus, burung, dan babi menjadi kandidat paling besar penyebar virus ini.
Jika terinfeksi virus ini, penderita akan mengalami demam tinggi, sakit kepala, dan nyeri otot bahkan menyebabkan pendarahan.
8. Virus MachupoVirus mematikan ke delapan terkait dengan demam hemoragik di Bolovia. Nama lainnya adalah typhus black. Penderita yang terinfeksi akan mengalami demam tinggi dan disertai pendarahan berat.
Virus ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia atau ke binatang.
7. Virus demam Crimean-CongoMirip dengan virus Ebola dan virus Marburg yang merajalela di Afrika, virus ini ditularkan oleh kutu.
Setelah hari pertama terinfeksi, penderita akan mengalami pendarahan di beberapa bagian tubuh seperti wajah, mulut, dan faring (bagian dari kedua pencernaan dan sistem pernapasan).
Selain di Afrika, virus ini menyebar di Baklan, Timur Tengah, dan Asia. 10-40 % penderita meninggal akibat virus ini.
6. Virus JuninVirus Junin terkait dengan deman berdarah di Argentina. Namanya Junin diambil dari kota Junin, tempat pertama kasus ini dilaporkan sekitar tahun 1958.
Orang yang terinfeksi virus ini akan menderita peradangan jaringan, sepsis (di mana tubuh bereaksi hebat terhadap bakteria), dan pendarahan kulit. Virus ini sulit dideteksi karena gejalanya sangat umum. Seperti demam biasa.
5. Virus LassaOrang yang pertama terinfeksi virus ini adalah seorang perawat di Nigeria. Virus ini ditularkan oleh hewan pengerat. Paling sering terjadi di beberapa wilayah benua Afrika seperti Afrika Barat.
Beberapa spesies hewan pengerat adalah tikus, tupai, marmot, hamster, dan babi. Para ilmuan berasumi 15 persen dari hewan pengerat di Afrika Barat membawa virus ini.
4. Virus Flu BurungNama virus H5N1 ini booming pada awal tahun 2000-an. Dilaporkan sekitar 70% kematian disebabkan dari virus yang berawal dari unggas ini.
Setiap orang bisa terinfeksi jika melakukan kontak langsung dengan unggas dan sebagian besar kasus muncul di Asia. Di Indonesia sendiri, virus paling banyak berasal dari ayam.
3. Virus HantaNama virus ini jarang terdengar, tapi virus ini menempati posisi tiga sebagai virus paling mematikan di dunia. Tentara Amerika Serikat diperkirakan menjadi orang pertama yang terinfeksi.
Ia terinfeksi selama perang di Korea pada tahun 1950. Virus ini terdapat pada hewan-hewan pengerat dan kotorannya. Gejalanya seperti penyakit paru-paru, demam, dan gagal ginjal.
2. Virus EbolaVirus Ebola menempati posisi kedua sebagai virus paling mematikan di dunia. Sudah lima negara yang sudah masuk sebagai negara wabah yaitu Zaire, Sudan, Tai Forest, Bundibugyo, dan Reston. Angka kematian virus ini mencapai 90%.
Sampai saat ini beberapa negara di Afrika seperti Guinea, Sierra Leone, dan Liberia masih mengalami ketegangan karena ada potensi masuk kategori negara wabah dan dilarang masuk oleh beberapa WHO.
1. Virus MarburgDan virus paling berbahaya dan mematikan di dunia adalah virus Marburg. Virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1967 di kota Marburg dan Frankfrut.
Para pekerja industri adalah yang paling banyak terkena virus ini. Ada sekitar 31 orang dan tujuh orang di antaranya meninggal dunia. Virus ini mirip virus deman berdarah, tapi gejalanya mirip virus Ebola.
Penderita yang terinfeksi akan mengalami kejang-kejang dan pendarahan di selaput lendir, kulit, dan organ. Tingkat kematiannya mencapai 90%.
Arrow
BACA ARTIKEL LAINYA

Halaman
1 2 3

Halaman
1 2 3