WOW HEBATNYA PEMUDA INI Pemuda Asal Pekalongan Naik Haji Jalan Kaki, Sudah Berbulan-bulan Belum sampai

WOW HEBATNYA PEMUDA INI Pemuda Asal Pekalongan Naik Haji Jalan Kaki, Sudah Berbulan-bulan Belum sampai
Semenjak 28 agustus 2016, muhammad khamim setiawan meninggalkan tanah kelahirannya, pekalongan buat melangsungkan misinya melangsungkan ibadah haji dengan jalur kaki mengarah mekkah.

pria 28 tahun tersebut sudah merancang dan juga mempersiapkan aksinya sebagian tahun sebelumnya.

’’sekarang masih di perbatasan thailand myanmar jalur mengarah myanmar kemudian india, ’’ ucap khamim dikala dihubungi via telepon.
saat sebelum thailand, khamim berjalan sejauh pulau jawa dari pekalongan, naik kapal fery mengarah lampung, palembang, jambi, batam, langsung ke malaysia ialah johor bahru dan juga padang besar dan juga masuk thailand.

baginya, apa yang melatar belakangi pilihannya buat jalur mengarah mekkah merupakan issyaroh bathin ataupun mencari ridho allah swt. tetapi tentu tidak dan merta langsung berangkat.

sebelumnya, khamim lewat proses istikharah sepanjang 3 tahun, dibantu oleh pendapat - pendapat ulama dari bermacam pondok, mulai dari pondok banten sampai jember.

buat mempersiapkan fisiknya, ia pula dilatih sebagian guru dan kyai buat bertahan hidup.

’’pernah puasa sepanjang 10 hari dan juga bukanya cuma memakai air mentah, itu buat belajar hidup dalam keadaan ekstrim sekalian, ’’ ucapnya.

karena dalam niatnya, sepanjang ekspedisi khamim tidak boleh mengandalkan dorongan. ’’saya tidak dapat memohon ataupun mengemis, ’’ ucapnya.

dikala mengawali dari pekalongan juga, khamim tidak bawa duit sama sekali.

cuma jas hujan, jaket, 3 atasan, tenda kecil, gps, dan juga hp baru pemberian teman.

tetapi sejauh ekspedisi, khamim tidak dapat menolak pemberian orang - orang yang melihatnya. malah terdapat yang memberinya atm biar dapat dipakai buat mengurus visa dan juga yang lain.

dalam perjalanannya, khamim lebih banyak jalur pada malam hari. siang lazimnya digunakannya buat rehat. tetapi apabila wajib mengurus visa, ia wajib mempertaruhkan waktu istirahatnya.

karna malam hari wajib senantiasa jalur. sejauh ekspedisi pula, khamim memperoleh banyak hikmah dan juga pelajaran.

sebagian hari ia sempat coba dirampok. di thailand, khamim yang susah menjumpai santapan halal memutuskan buat menyudahi dan juga beribadah di masjid.

tidak lama setelah itu, salah seseorang muslim di masjid malah memberinya santapan halal yang segar.

dikala di bangkok, khamim pula diajak salah seseorang anggota ppi thailand buat berkenalan dengan pemberi sertifikasi santapan halal yang berasal dari indonesia.

rencananya, khamim tidak menarget berapa lama ia dapat hingga ke mekkah. yang berarti, ia fokus mencari strategi mendalami lamanya visa yang dikasih per - negara dengan prediksi jarak tempuh yang wajib dilaluinya dengan berjalan kaki.

’’tidak terdapat sasaran, cuma menjajaki rencana allah swt, bukan rencana diri seorang diri. lagipula rencana diri hendak mengikutsertakan nafsu dan juga menjajaki nafsu bukanlah baik, ’’ ucapnya.






( sumber : sumut. pojoksatu. id )
Arrow
BACA ARTIKEL LAINYA

Halaman
1 2 3

Halaman
1 2 3